Tuesday, May 15, 2012

38 Sanpachi vs Gokana

Apa sih sanpachi ? Apa sih Gokana ? 

Beberapa waktu ini gw emang lagi addicted banget sama makanan Jepang yang bernama Ramen, dan dua tempat itu adalah salah dua provider ramen di Indonesia. Mungkin kita udah sering denger kata ramen di film doraemon, tapi buat yang awam kaya gw, akan gw coba buat reviewnya di dua tempat makan ini :D

Ramen 38 Sanpachi
Gw, Sofi, Lia, Nia ke citos (Cilandak Town Square) buat order tempat acara lunch para direksi di The Mangos, karena hari itu hari jumat jadi aja kita minta ditinggal aja sama drivernya biar doi bisa solat jumat dan gw bisa puas menjamah semua sudut Citos + makan tanpa diburu2 perasaan 'ditunggu driver' :D, dan diputuskan untuk makan ramen.

Ramen 38 Sanpachi namanya, tempat yang terlihat sederhana diantara outlet makan lain di citos, gw berempat masuk dengan kondisi ruangan yang sepi, hmmmm karena belum jam makan siang kali yaa... si mbak2nya pun cepat memberikan buku menu, kisaran harga ramen di sanpachi itu 53K - 58K untuk middle bowl dan 35K-38K utk small bowl.


Middle ? penasaran, oke we decide to choose the middle size karena kata mbaknya itu ukuran mangkok biasa, dan yang small itu ukuran manggkok normal (nah loh bingung kan ?), gw pilih curry ramen (percobaan pertama gak perlu yang aneh2), Lia pilih maboh men (ramen ayam + sapo tahu), Sofi dengan Jigoku ramen (spicy ramen 1 - 10 level) dan dia pilih level 2 , dan Kurnia dengan Gomakara. Minuman yang dipesan cukup dengan cold ice tea. Yeah, order done, and HWAITING !!

Satu persatu ramen mulai tersaji di meja, dan yeaaahhh ternyata middle yang dimaksud adalah mangkok menyerupai kuali atau baskom >.< , tengok kanan kiri ternyata pengunjung lain pesennya small (ketauan banget baru pertama kalinya :D) 

Hmmmm.... sudah seperti dugaan gw, curry ramen itu ramen yang agak kering dengan bumbu kari kental, yummmy..... Jigoku ramen level 2 pilihan Sofi sepertinya tidak cocok dengan lidah gw, kebayang yang level 10 :-/ orang Jepang kuat2 pedes banget yak x_X

Kuah tersegar itu ya pilihannya Lia Maboh men, yummy dimakan bersama sapo tahunya yang lembut.. Anddddd here we Go, yang menurut gw order gagal adalah pilihannya Nia Jigoku ramen, first look oke dengan kuah agak kentalnya yang kayanya akan terasa sekali bumbunya, tapi omaigasshhhhh kacang2an yang di blend dengan bumbu membuat rasa ramen itu gak karuan dan gak banget untuk lidah indonesia, hiyaaakkkssss....

Jadilah adegan mix ramen, yah ramen diangkat dan dipisahkan dari kuah gomakara itu lalu di campur ke kuah jigokunya sofi yang sudah abis miinya :D, dicampur bumbu curry ramen gw dan sedikit kuah maboh men, hahahaha.... kebayang kan itu mii jadi kaya apa, tapi lebih bisa dimakan daripada kuah aslinya si Gomakara itu >.<

Gomakara Ramen

Jigoku Ramen

Maboh Men

Curry Ramen

Acara makan berakhir dengan dessert 2 potong jelly, dan 320K adalah nominal yang kami keluarkan untuk membayar 4 jenis makanan tadi, menurut gw harga yang worth untuk level coba2, tapi gak worth untuk yang ordernya gagal yang pastinya bakal mikir berkali2 untuk balik lagi makan si Sanpachi (Free #pukpuk buat Nia).

Gokana
Seminggu kemudian dapet tawaran traktiran dari anak alumni kantor gw, dan gw putuskan buat makan ramen lagi tapi di tempat berbeda (bisa bangkrut kalo minta traktiran di Sanpachi :D), Gokana jawabannya, kali ini personilnya 2 kali lipat lebih banyak, yeah ber-8.

Ada menu yang sama di Gokana untuk jenis spicy ramen semacam Jigoku dengan level yang hanya mencapai level 5, selain ramen Gokana menyediakan teriyaki jugaa, jadi gak semuanya pesen ramen, top ordernya beef ramen level 2, kenapa ? karena 3 dari 8 pilih menu itu termasuk gw :D, order yang kedua adalah chicke ramen, nah kalo yang cowo pesennya teriyaki, yang pake nasi, (beda ukuran lambung kali ya)


Soal rasa jangan ditanyaa, mungkin bagi Nia Chicken ramen Gokana itu akan lebih enak dibanding Gomakaranya Sanpachi gara2 kasus 'failed order' minggu lalu :D. Yah harga mah emang gak bohong lah pokoknya.. Kalo di Gokana lebih rasa 'mi indonesia' alias biasa aja dan kocek yang harus dikeluarkan untuk makan ber-8 di Gokana cukup 300K, so beda harga di Sanpachi sama Gokana itu 2x lipat, tapi kalo soal kualitas tergantung orang mana yang makan, Jepang apa Indonesia :D


No comments:

Post a Comment